DC Field | Value | Language |
dc.contributor.author | Edi, Victor | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-29T10:09:34Z | - |
dc.date.available | 2022-09-29T10:09:34Z | - |
dc.date.issued | 2020-12 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5313 | - |
dc.description | Sekolah Dasar (SD) merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal di
Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.
Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Nomor 20 Tahun 2001) Pasal 17
mendefinisikan pendidikan dasar sebagai berikut: (1) Pendidikan dasar merupakan jenjang
pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah; (2) Pendidikan dasar berbentuk
sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat[1]
.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 mencantumkan
bahwa setiap guru wajib menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi,
sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, penerapan teknologi
informasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran.
Menurut Subiyanto, Supriyati, & Markamah (2018) [2]. Di era yang serba digital ini, guru
bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu, guru dan siswa
dituntut untuk melek teknologi. Salah satu contoh teknologi di bidang pendidikan yang dapat
menunjang suasana kondusif dalam proses belajar mengajar adalah pemanfaatan media
pembelajaran berbasis IT, yang lebih dikenal dengan istilah e-Learning[3]
. Learning
Management System (LMS) merupakan salah satu sistem manajemen pembelajaran berbasis
digital dengan salah satu jenisnya adalah Edmodo. Produk Edmodo merupakan platform
pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media. Implementasi
Edmodo membuat siswa secara aktif dapat berpartisipasi karena belajar online menyediakan
lingkungan belajar interaktif. Siswa dapat memperoleh informasi berupa dokumen elektronik
untuk memperkaya studi mereka. Selain itu, siswa mampu berkomunikasi langsung dengan teks,
gambar, suara, data, dan audio video melalui Edmodo dan interaksi yang dihasilkan dapat
menciptakan suasana belajar yang efektif [4]. Lebih jauh lagi, pembelajaran dengan
menggunakan Edmodo mempunyai beberapa manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan
interaksi antara dosen dan mahasiswa, membentuk sebuah kelas online, menambah variasi
belajar, mengubah sistem pembelajaran yang tradisional menuju ke pembelajaran yang
interaktif[5]
.Edomodo menyediakan cara aman dan mudah bagi kelas anda untuk terhubung dan
berkolaborasi, berbagi konten dan akses pekerjaan, nilai dan pemberitahuan sekolah. Tujuanya
untuk membantu pendidik/Guru memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menyesuaikan
kelas untuk setiap pelajar. Edmodo dapat membantu pengajar membangun sebuat kelas virtual
berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat penugasan,
quiz dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran. | en_US |
dc.description.abstract | Penggunaan e-learning dalam pembelajaran sangatlah dibutuhkan pada abad ini,
Pemanfaatan media pembelajaran di SD Alwasliyah 26 medan sangat kurang variatif.
Dikarnakan kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan informasi serta penggunaan dan
pemanfaatan internet para guru-guru yang ada di SD Alwasliyah 26 medan. Tujuan dari
pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman
tentang media pembelajaran yang variatif yaitu Edmodo untuk meningkatkan keterempilan
guru mengajar guna menunjang kinerja guru dalam memanfaatkan teknologi di sekolah
tersebut. Metode yang digunakan adalah melaksanakan praktek langsung dengan mengadakan
pelatihan dengan cara membuat media pembelajaran Edmodo dipandu oleh pemateri dari tim
pelaksana pengabdian agar diketahui prosesnya dari awal hingga selesai. Objek kegiatan ini
adalah guru-guru SD Alwasliyah 26 Medan | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol 1;No. 2 | - |
dc.subject | Pembelajaran, Media, e-learning, Internet, Edmodo | en_US |
dc.title | Pepper Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran di SD Alwasliyah 26 Medan | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: |
|