Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5313
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEdi, Victor-
dc.date.accessioned2022-09-29T10:09:34Z-
dc.date.available2022-09-29T10:09:34Z-
dc.date.issued2020-12-
dc.identifier.urihttp://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5313-
dc.descriptionSekolah Dasar (SD) merupakan jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Nomor 20 Tahun 2001) Pasal 17 mendefinisikan pendidikan dasar sebagai berikut: (1) Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang melandasi jenjang pendidikan menengah; (2) Pendidikan dasar berbentuk sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), atau bentuk lain yang sederajat[1] . Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 mencantumkan bahwa setiap guru wajib menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi. Oleh karena itu, penerapan teknologi informasi dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran. Menurut Subiyanto, Supriyati, & Markamah (2018) [2]. Di era yang serba digital ini, guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Oleh karena itu, guru dan siswa dituntut untuk melek teknologi. Salah satu contoh teknologi di bidang pendidikan yang dapat menunjang suasana kondusif dalam proses belajar mengajar adalah pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT, yang lebih dikenal dengan istilah e-Learning[3] . Learning Management System (LMS) merupakan salah satu sistem manajemen pembelajaran berbasis digital dengan salah satu jenisnya adalah Edmodo. Produk Edmodo merupakan platform pembelajaran yang aman bagi guru, siswa dan sekolah berbasis sosial media. Implementasi Edmodo membuat siswa secara aktif dapat berpartisipasi karena belajar online menyediakan lingkungan belajar interaktif. Siswa dapat memperoleh informasi berupa dokumen elektronik untuk memperkaya studi mereka. Selain itu, siswa mampu berkomunikasi langsung dengan teks, gambar, suara, data, dan audio video melalui Edmodo dan interaksi yang dihasilkan dapat menciptakan suasana belajar yang efektif [4]. Lebih jauh lagi, pembelajaran dengan menggunakan Edmodo mempunyai beberapa manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan interaksi antara dosen dan mahasiswa, membentuk sebuah kelas online, menambah variasi belajar, mengubah sistem pembelajaran yang tradisional menuju ke pembelajaran yang interaktif[5] .Edomodo menyediakan cara aman dan mudah bagi kelas anda untuk terhubung dan berkolaborasi, berbagi konten dan akses pekerjaan, nilai dan pemberitahuan sekolah. Tujuanya untuk membantu pendidik/Guru memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menyesuaikan kelas untuk setiap pelajar. Edmodo dapat membantu pengajar membangun sebuat kelas virtual berdasarkan pembagian kelas nyata di sekolah, dimana dalam kelas tersebut terdapat penugasan, quiz dan pemberian nilai pada setiap akhir pembelajaran.en_US
dc.description.abstractPenggunaan e-learning dalam pembelajaran sangatlah dibutuhkan pada abad ini, Pemanfaatan media pembelajaran di SD Alwasliyah 26 medan sangat kurang variatif. Dikarnakan kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan informasi serta penggunaan dan pemanfaatan internet para guru-guru yang ada di SD Alwasliyah 26 medan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman tentang media pembelajaran yang variatif yaitu Edmodo untuk meningkatkan keterempilan guru mengajar guna menunjang kinerja guru dalam memanfaatkan teknologi di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah melaksanakan praktek langsung dengan mengadakan pelatihan dengan cara membuat media pembelajaran Edmodo dipandu oleh pemateri dari tim pelaksana pengabdian agar diketahui prosesnya dari awal hingga selesai. Objek kegiatan ini adalah guru-guru SD Alwasliyah 26 Medanen_US
dc.relation.ispartofseriesVol 1;No. 2-
dc.subjectPembelajaran, Media, e-learning, Internet, Edmodoen_US
dc.titlePepper Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran di SD Alwasliyah 26 Medanen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
3. Pepper Pemanfaatan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran di SD Alwasliyah 26 Medan.pdf721.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.