DC Field | Value | Language |
dc.contributor.author | Edi, Victor | - |
dc.date.accessioned | 2022-09-29T10:41:56Z | - |
dc.date.available | 2022-09-29T10:41:56Z | - |
dc.date.issued | 2021-04-01 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5316 | - |
dc.description | Bangunan bersejarah adalah bangunan yang memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu
pengetahuan dan kebudayaan serta berkaitan dengan peristiwa nasional maupun internasional.
Masyarakat pada umumnya mengenal bangunan bersejarah melalui media informasi dan cerita dari
orang-orang disekitarnya. Pengetahuan masyarakat di Indonesia tentang bangunan bersejarah masih
kurang. Bangunan bersejarah di Indonesia mulai terlupakan karena tidak terawat, sehingga
masyarakat kurang meminati untuk berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia.
Pemanfaatan bangunan bersejarah yang dilindungi dan dilestarikan dapat dijadikan sumber objek
wisata yang dapat menghasilkan devisa bagi daerahnya. Dengan memanfaatkan gambar sebagai
media maka penulis menggunakan gambar-gambar bangunan bersejarah yang telah ditentukan
sebagai marker untuk Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking yang dapat
digunakan di android. | en_US |
dc.description.abstract | Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata
dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Aplikasi ini dirancang agar
masyarakat khususya para remaja lebih memahami dan menjaga bangunan-bangunan bersejarah
yang ada di Indonesia. Marker yang digunakan pada aplikasi ini adalah Marker Based Tracking
yaitu menggunakan gambar hitam putih bangunan bersejarah di Indonesia yang telah tersedia
sehingga menampilkan objek 3D. Pembuatan gambar marker untuk aplikasi media pembelajaran
pengenalan bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan AR ini menggunakan software Adobe
Photoshop yang berjumlah 10 gambar marker khusus untuk memunculkan masing-masing objek
3D bangunan bersejarah di Idonesia. Sedangkan untuk merancang dan mendesain objek 3D
bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan software Blender dan menggunakan software
Unity sebagai game engine yang digunakan untuk penggabungan objek 3D dan gambar marker.
Aplikasi ini dirancang dengan harapan masyarakat mengetahu informasi mengenai bangunan
bersejarah di Indonesia yang sewaktu-waktu akan bermanfaat di dalam kehidupan dan diharapkan
mampu mengingatkan sejarah yang telah berlalu tentang bangunan bersejarah. | en_US |
dc.publisher | IT Jurnal | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Vol.9;No.1 | - |
dc.subject | Augmented Reality, Bangunan Bersejarah, Marker | en_US |
dc.title | Paper PERANCANGAN APLIKASI MEDIA | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Appears in Collections: |
|