Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5316
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorEdi, Victor-
dc.date.accessioned2022-09-29T10:41:56Z-
dc.date.available2022-09-29T10:41:56Z-
dc.date.issued2021-04-01-
dc.identifier.urihttp://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5316-
dc.descriptionBangunan bersejarah adalah bangunan yang memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta berkaitan dengan peristiwa nasional maupun internasional. Masyarakat pada umumnya mengenal bangunan bersejarah melalui media informasi dan cerita dari orang-orang disekitarnya. Pengetahuan masyarakat di Indonesia tentang bangunan bersejarah masih kurang. Bangunan bersejarah di Indonesia mulai terlupakan karena tidak terawat, sehingga masyarakat kurang meminati untuk berkunjung ke bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia. Pemanfaatan bangunan bersejarah yang dilindungi dan dilestarikan dapat dijadikan sumber objek wisata yang dapat menghasilkan devisa bagi daerahnya. Dengan memanfaatkan gambar sebagai media maka penulis menggunakan gambar-gambar bangunan bersejarah yang telah ditentukan sebagai marker untuk Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking yang dapat digunakan di android.en_US
dc.description.abstractAugmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. Aplikasi ini dirancang agar masyarakat khususya para remaja lebih memahami dan menjaga bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Indonesia. Marker yang digunakan pada aplikasi ini adalah Marker Based Tracking yaitu menggunakan gambar hitam putih bangunan bersejarah di Indonesia yang telah tersedia sehingga menampilkan objek 3D. Pembuatan gambar marker untuk aplikasi media pembelajaran pengenalan bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan AR ini menggunakan software Adobe Photoshop yang berjumlah 10 gambar marker khusus untuk memunculkan masing-masing objek 3D bangunan bersejarah di Idonesia. Sedangkan untuk merancang dan mendesain objek 3D bangunan bersejarah di Indonesia menggunakan software Blender dan menggunakan software Unity sebagai game engine yang digunakan untuk penggabungan objek 3D dan gambar marker. Aplikasi ini dirancang dengan harapan masyarakat mengetahu informasi mengenai bangunan bersejarah di Indonesia yang sewaktu-waktu akan bermanfaat di dalam kehidupan dan diharapkan mampu mengingatkan sejarah yang telah berlalu tentang bangunan bersejarah.en_US
dc.publisherIT Jurnalen_US
dc.relation.ispartofseriesVol.9;No.1-
dc.subjectAugmented Reality, Bangunan Bersejarah, Markeren_US
dc.titlePaper PERANCANGAN APLIKASI MEDIAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
4. paper PERANCANGAN APLIKASI MEDIA.pdf751.03 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.