Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/1949
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJOHANSYAH, JOHANSYAH-
dc.date.accessioned2017-07-17T10:20:03Z-
dc.date.available2017-07-17T10:20:03Z-
dc.date.issued2015-12-
dc.identifier.urihttp://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/handle/123456789/1949-
dc.description.abstractBanyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli terkait dengan pengembangan aplikasi permainan dan pencarian solusi (problem solver) Sudoku. Penelitian ini dilakukan dengan memasukan peraturan permainan Sudoku ke dalam komputer untuk kemudian diproses dengan algoritma tertentu yang ditujukan untuk mencari solusi (problem solver) terbaik dari persoalan Sudoku tersebut. Banyak penelitian yang dilakukan dengan menerapkan kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) pada komputer untuk memecahkan masalah ini. Kecerdasan buatan ini bertujuan agar komputer memiliki kecerdasan sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti yang dilakukan oleh manusia. Sudoku terdiri dari berbagai macam tingkat kesulitan. Semakin sulit soal, tentu akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan soal tersebut. Adakalanya dalam mengerjakan kita mengalami jalan buntu, untuk itu penulis membuat aplikasi yang dapat menemukan solusi dengan input yang acak namun tetap terikat pada peraturan dasar Sudoku dengan menggunakan metode Algoritma Genetika dan pemenuhan konstrain. Karena keunikan sifat Algoritma Genetika ini, maka dipilih Algoritma Genetika untuk pembuatan aplikasi Sudoku ini dimana hasil yang akhir yang didapat merupakan hasil kromosom (solusi) yang terbaik (solusi optimal). Dengan penerapan Algoritma Genetika, didapatkan hasil berupa problem solver yang lebih optimum dengan dihasilkannya mutasi yang terus-menerus untuk mencapai solusi, sehingga solusi akan lebih cepat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectGame Sudokuen_US
dc.subjectArtificial Intelligenceen_US
dc.subjectSolusi (Problem Solver)en_US
dc.subjectAlgoritma Genetikaen_US
dc.titlePERANCANGAN APLIKASI GAME SUDOKU BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA GENETIKAen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB III.pdf366.97 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB IV.pdf710.44 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB V.pdf72.68 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf5.06 MBAdobe PDFThumbnail
View/Open
ABSTRAK.doc38.5 kBMicrosoft WordView/Open
BAB I.pdf238.38 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB II.pdf607.1 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.