Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/4153
Title: IMPROVING STUDENTS’ LISTENING SKILLS BY USING SONG AT SMA SWASTA IMELDA MEDAN
Authors: SIMANJUNTAK, MASTER MERIATI
Keywords: Peningkatan Kemampuan, Mendengarkan, .
Lagu
Issue Date: Dec-2020
Publisher: UNIVERSITAS POTENSI UTAMA
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran menggunakan lagu dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa. Penelitian ini dilakukan melalui desain penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SMA Imelda Medan yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Efektivitas siswa dapat dilihat berdasarkan nilai tes listening siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis menggunakan teks yang sengaja dihilangkan beberapa kata, berupa angket. Berdasarkan analisis, skor mendengarkan siswa meningkat di setiap tes. Peneliti menemukan bahwa rata-rata skor tes pra siklus adalah 68,10%. Siklus I 70,48% dan siklus II 78,31%. Peningkatan nilai tes siswa juga menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak siswa pada setiap siklusnya. Dari hasil observasi diketahui bahwa partisipasi siswa pada pra siklus sebesar 56,3%, siklus I sebesar 74,5% dan siklus II sebesar 80%. Dari lembar tes diperoleh angket bahwa proses belajar mengajar berjalan lebih baik dari sebelumnya, dimana siswa lebih aktif dan antusias dalam belajar baik secara individu maupun kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu dalam meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa dapat membuat siswa lebih aktif, memotivasi, dan tertarik.
URI: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/4153
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
8. ABSTRAK.pdf84.76 kBAdobe PDFView/Open
15 chapter 1.pdf91.54 kBAdobe PDFView/Open
17 chapter 2.pdf125.71 kBAdobe PDFView/Open
19 chapter 3.pdf114.39 kBAdobe PDFView/Open
21 chapter IV.pdf381.01 kBAdobe PDFView/Open
25 Reference.pdf76.78 kBAdobe PDFView/Open
23 chapter V.pdf63.77 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.