Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5261
Title: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BPRS AL-WASHLIYAH
Authors: NISA, KHAIRUN
Issue Date: Nov-2021
Publisher: UNIVERSITAS POTENSI UTAMA
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya faktor – faktor yang mempengaruhi pembiayaan murabahah. Faktor-faktor tersebut antara lain faktor Religiusitas, faktor pelayanan dan faktor promosi. Hal ini yang menjadi daya tarik peneliti. Sesungguhnya apa yang menarik dari produk pembiayaan murabahah yang dimiliki BPRS Al-Wasliyah Medan sehingga banyak nasabah yang memilih menggunakan pembiayaan murabahah. Peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk pembiayaan Murabahah sebanyak 49 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 49 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Hasil uji (t) atau uji parsial menunjukkan bahwa Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan Murabahah dimana dapat dilihat nilai t hitung 2,926> t tabel 2,0141, variabel faktor kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan Murabahah dimana dapat dilihat nilai t hitung 13,188> t tabel 2,0141, serta variabel faktor promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan Murabahah dimana dapat dilihat nilai t hitung 6,363> t tabel 2,0141. Hasil nilai F hitung = 231.298 dengan tingkat keyakinan 95% signifikan 5%. Artinya faktor keagamaan, faktor pelayanan, dan faktor promosi berpengaruh positif dansignifikan secara bersama-sama terhadap pemilihan produk pembiayaan Murabahah pada PT. BPRS Al-Wasliyah Medan. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,935 atau 93,5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa 93,5% variabel independen yaitu Religiusitas, pelayanan, promosi hanya mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 93,5% sisanya 6,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada atau tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian.
URI: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5261
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Abstrak.pdf447.34 kBAdobe PDFView/Open
Bab 1.pdf498.06 kBAdobe PDFView/Open
Bab 2.pdf647.25 kBAdobe PDFView/Open
Bab 5.pdf151.77 kBAdobe PDFView/Open
Bab 4.pdf926.19 kBAdobe PDFView/Open
Daftar Pustaka.pdf348.96 kBAdobe PDFView/Open
Bab 3.pdf437.07 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.