Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/6520
Title: | PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING PADA SMK PAB 6 BERBASIS ANDROID |
Authors: | SEMBIRING, DONI FIRMANSYAH |
Keywords: | Elearning, Android, Java, Mysql, PHP |
Issue Date: | Dec-2022 |
Publisher: | Universitas Potensi Utama |
Abstract: | SMK PAB 6 Medan adalah suatu instansi yang bergerak di dunia pendidikan. Sistem pembelajaran di SMK PAB 6 Medan masih berjalan secara manual yaitu dengan melakukan pertemuan langsung. Proses pembelajaran terjadi di sekolah biasanya masih menggunakan metode tradisional di mana bahan ajar disampaikan melalui tatap muka baik secara lisan maupun non-lisan, penggunaan teknologi di dalam sekolah, alat multimedia lainnya masih terbatas pada materi-materi belajar tertentu yang membutuhkannya. Berdasarkan hasil observasi dan data hasil wawancara yang diperoleh dari SMK PAB 6 Medan, penulis mengetahui bahwa siswa masih kurang aktif dan interaksi dalam proses belajar, sebab cara mengajar guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Ditambah lagi kebiasaan siswa yang sangat jarang mengulang pelajaran yang diberikan dengan alasan tidak adanya materi/modul. Proses kegiatan belajar mengajar saat ini hanya waktu jam sekolah. Ketika guru belum bisa hadir maka proses kegiatan belajar mengajar terhenti. Selain itu ketika siswa sakit maka siswa tersebut juga tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. Dengan merancang sebuah aplikasi e-learning berbasis android sangat tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh SMK PAB 6 Medan. E-learning adalah singkatan dari electronic learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem media pembelajarannya. E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait. Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi antara pihak-pihak terkait. |
URI: | http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/6520 |
Appears in Collections: | Skripsi |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ABSTRAK.pdf | 7.44 kB | Unknown | View/Open | |
BAB I.pdf | 462.25 kB | Unknown | View/Open | |
BAB V.pdf | 8.78 kB | Unknown | View/Open | |
BAB IV.pdf | 955.6 kB | Unknown | View/Open | |
DAFTAR PUSTAKA.pdf | 272.71 kB | Unknown | View/Open | |
BAB II.pdf | 355.93 kB | Unknown | View/Open | |
BAB III.pdf | 702.61 kB | Unknown | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.