Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/2839
Title: SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BALING-BALING TERBAIK UNTUK KIPAS ANGIN MENGGUNAKAN METODE FUZZY SUGENO ( STUDI KASUS : PT. WIRA DWIKA )
Authors: WAHYUDI, MUHAMMAD
Keywords: Sistem penunjang keputusan, pemilihan baling-baling,
sistem inferensi fuzzy, sugeno, defuzzifikasi.
Issue Date: Dec-2017
Publisher: Universitas Potensi Utama
Abstract: PT. Wira Dwika merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis manufactur peralatan rumah tangga dengan merek dagang Miyako. Baling-baling pada kipas adalah salah satu komponen yang sangat penting, karena baling-baling dapat mempengaruhi angin yang diciptakan, yang dikarenakan baling-baling memiliki beberapa jenis baling-baling yang dapat menghasilkan angin yang berbeda. Namun hingga saat ini PT. Wira Dwika yang khususnya cabang kota Medan, memiliki kendala dalam melakukan pemilihan baling-baling terbaik, karena hingga saat ini masih menggunakan perhitungan cara manual. dengan menggunakan salah satu metode Sistem Pendukung Keputusan. Dalam SPK ini menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy (SIF) atau Fuzzy Inference System (FIS) Sugeno. Pada tahap inferensi, dicari nilai keanggotaan anteseden (J) dan nilai perkiraan jumlah bobot (z) dari setiap aturan. Nilai dari setiap baling-baling (Z) dicari dengan metode defuzzifikasi rata-rata terpusat. Hasil perhitungan SPK tidak berbeda dengan hasil perhitungan yang dilakukan secara manual, Disamping memiliki kinerja yang sangat baik, SPK ini juga dapat berjalan dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga, tanpa mengurangi ketepatan dalam perhitungan untuk menentukan kualitas baling baling kipas angin.
URI: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/handle/123456789/2839
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ABSTRAK.pdf15.06 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB I.pdf65.57 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB II.pdf150.34 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB III.pdf
  Restricted Access
201.72 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
BAB V.pdf17.77 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open
BAB IV.pdf
  Restricted Access
189.94 kBAdobe PDFView/Open Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf14.33 kBAdobe PDFThumbnail
View/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.