Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5860
Title: SISTEM INFORMASI E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) PADA PT. SAMUDERA AGENCIES INDONESIA
Authors: SIMATUPANG, ALVIN BELMIRO
Keywords: CRM (Customer Relationship Management), Pelayanan, Konsumen
Issue Date: Dec-2022
Publisher: UNIVERSITAS POTENSI UTAMA
Abstract: CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah bentuk strategi yang dijalankan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang lama dan berupaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendapatkan pelanggan baru bagi perusahaan. PT. Samudera Agencies Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi cargo dan pelayaran logistic yang berlokasi di Belawan. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh PT. Samudera Agencies Indonesia salah satunya adalah dalam mengatasi keluhan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan yang kurang memuaskan dan kurang optimal yang disebabkan oleh belum adanya sistem dalam mengelola data customer dan media komunikasi antar perusahaan dengan konsumen belum bersifat online sehingga customer harus datang langsung ke perusahaan untuk melakukan proses penyampaian keluhan pelanggan pada pihak perusahaan. Dalam misi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan membina hubungan baik dengan pelanggan, maka dibutuhkan suatu konsep manejemen pelayanan yang baik. Salah satu konsep yang dapat dipakai untuk merespon hal ini adalah dengan menerapkan suatu Customer Relationship Management yang dapat menghubungkan PT. Samudera Agencies Indonesia dengan pelanggan secara langsung (online) yang disebut E-CRM.
URI: http://repository.potensi-utama.ac.id/jspui/jspui/handle/123456789/5860
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
BAB III.pdf508.93 kBUnknownView/Open
BAB V.pdf144.52 kBUnknownView/Open
DAFTAR PUSTAKA.pdf278.18 kBUnknownView/Open
ABSTRAK.pdf102.78 kBUnknownView/Open
BAB I.pdf387.51 kBUnknownView/Open
BAB IV.pdf1.68 MBUnknownView/Open
BAB II.pdf324.8 kBUnknownView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.